Tuesday, June 7, 2011

Exellentia, Buah Kematangan KLA Project

Exellentia

Mengulas KLA Project tentu tidak bisa dilepaskan dengan karakteristik musiknya yang unik. Sejak munculnya KLA Project diblantika musik Indonesia tahun 1989, band beraliran pop ini menegaskan diri sebagai band yang akan konsisten mengusung musik berkualitas. Ucapan beberapa puluh  tahun lalu dibuktikan dalam setiap album yang dilahirkan, tak kecuali album yang ke 10 yang  belum lama ini dilansir.  Album bertitel " Exellentia" bisa dibilang sebagai album pembuktian atas komitmen yang diucapkan  Katon Bagaskara, Lilo dan Adi Adrian.

Karakter bermusiknya tidak jauh beda dengan album-album sebelumnya, namun yang tampak dalam album berisi 10 lagu ini adalah kematangan bermusik, serta  kepandaian dalam mencipta "corak" bermusik yang  lebih modern sesuai dengan perkembangan jaman.  Simak saja tembang "Revolusi Disco" yang disuguhi dideretan awal lagu dalam album ini. Lagu ini oleh Katon dikemas dengan gaya bermusik yang modern dan syair yang sangat mudah dicerna dan puitis.

Darahku di dalam darahmu/membaur menyalah merahnya, kawan/Denyut jantungku/memadu ke jantungmu/Tak ada lagi keraguan, kita satu tujuan... Lepaskan suara hatimu/menghimpun perubahan nyata, kawan/Denyut jantungku/setarakan jantungmu/ Tak ada lagi kepalsuan, kita satu tujuan. Cukuplah kita diamkan/Sementara t'lah jauh permainan/Mereka t'rus berperan/tak pernah beri kesempatan/giliran kita/sekarang !!!

Musiknya yang enak didengar (easy listening), menjadikan tembang ini sebagai andalan dalam album ini. Sesuai dengan judulnya, Katon menimpali dengan suara dentuman disco yang smooth. Kombinasi musik yang seimbang dengan kualitas vokal yang pas semakin menunjukkan kedewasaan KLA Project dalam bermusik, apalagi  tembang ini didukung dengan tambahan backing vokal  yang "manis"

Karakter suara Katon Bagaskara bisa dibilang selalu memiliki chemistry dengan lagu yang diciptakan. Tidak hanya  karakter suaran  yang unik dan syair yang puitis, namun juga penghayatan bisa didengarkan hampir dalam semua lagu. Misalkan dalam tembang "Cinta (Bukan) Hanya Kata". Dibagian intro, lirik dibawakan dengan cara "memenggal" diiringi dengan nada slow yang kemudian makin meninggi menjadikan  ciri KLA yang selalu ditampilkan.  Ini juga yang ada dalam tembang "Hilang Separuh Arti", "Mana Kutahu" dan "Hidup adalah Pilihan"

Kehadiran rekan-rekan sesama musisi yang membantu terwujudnya album ini juga memberikan andil besar. KLA Project, dengan pengalamannya bermusik tidak serta-merta jumawa bisa menggarap semuanya. KLA Project misalkan meminta bantuan  banyak pihak, misalkan untuk backing vokal, drum, bass hingga arransement lagu.

KLA Project selama karirnya sudah menghasilkan 10 singel album, 4 kompilasi dan beberapa gelaran konser.  Hal yang bisa dipetik dari kemunculan album ini adalah konsistensi dalam bermusik. KLA bukan saja menghasilkan musik yang enak didengar, namun juga berkualitas dalam sisi penggarapan disetiap karyanya. Maju terus KLA Project. [lyz/cover:KLA Corp]
Artist / BandKla Project
Judul AlbumExellentia
LabelKLA Corp
Ratingratingratingratingratingrating

No comments:

Post a Comment