Thursday, May 19, 2011

Musik Indonesia Tanpa Pembajakan

Musik. Mungkin musik bukan suatu hal yang aneh lagi buat kita. Yup, secara nggak langsung musik sudah menjadi salah satu bagian yang melengkapi hidup kita. Coba bayangkan hidup kita tanpa musik? Ah sudahlah, terlepas dari itu semua, apa kalian pernah sejenak memikirkan bagaimana perkembangan musik di negara kita ini?
Perkembangan musik Indonesia semakin hari semakin terlihat maju. Munculnya penyanyi dan band-band dengan membawa berbagai jenis genre membuat musik Indonesia semakin kaya. Kita boleh bangga dengan hal itu. Tapi apa kabar dengan yang namanya pembajakan industri musik di Indonesia.
Bukan rahasia lagi kalau Indonesia dianugrahi peringkat teratas dalam hal pembajakan musik di dunia. Apa kita masih bisa tersenyum mendengar berita itu? Sekedar catatan, jumlah produk musik dalam bentuk fisik yang beredar secara legal seperti langit dan bumi dengan jumlah produk musik dalam bentuk bajakan baik itu dalam bentuk fisik maupun digital illegal. Tragis.
Disisi lain muncullah Ring Back Tone (RBT) yang  semakin heboh di masyarakat. Ya, sekarang ini bisa dibilang RBT adalah salah satu strategi yang pas buat dijadikan cara terbaik dalam mengurangi masalah pembajakan di Indonesia. Apakah kita cuma bisa mengandalkan RBT saja? Ini memang dilema yang terjadi di musik Indonesia. Mau dibawa kemanakah arah musik kita. Cuma menjadi sekedar kebutuhan semata atau menjadi karya seni yang dihargai. Atau mungkin cuma hiburan semata yang akan hilang begitu saja.
Adib
Foto dari berbagai Sumber
http://remaja.suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment