Wednesday, May 4, 2011

Penyanyi-Penyanyi Jazz Indonesia

Syaharani

Syaharani yang memiliki nama lengkap Saira Syaharani Ibrahim (lahir di Batu, Jawa Timur, 27 Juli 1971; umur 39 tahun) adalah penyanyi jazz Indonesia. Perempuan berdarah Bone, Sulawesi Selatan yang akrab dipanggil Rani ini hingga 2006 telah merilis 3 solo album jazzy dan satu pop trip-hop (Magma). Dia juga mewakili Indonesia di North Sea Jazz festival 2001, produser album Magma dan Buat kamu (SQf), song writer, serta vocal arranger. Rani pun pernah menjadi bintang tamu dalam Al Jarreau, Iskandarsyah Siregar & Folks, Dave Koz, Keith Martin dan Yellow Jackets Indonesia concert bersama Fourplay. Tak hanya menyanyi, Rani juga menjadi aktris dalam teater musikal Madame Dasima, Gallery of Kisses di TIM Jakarta, film Garasi produksi Miles Film, serta membuat theme song dan vocal illustrator film “Betina” produksi 9 Palm Films (pemenang NETPAC Award Festival Film Asia 2006).




•    Compilation Album May and Friend Singapore, 1999

•    Guest Vocalist for Al Jarreau Concert Jakarta, 2000
•    Recording Album “Magma” (CD), 2001
•    Guest Vocalist PFG Colaboration Album, 2001
•    Recording Project Duet with Fariz RM on Single

“Renungan” R & B   Version,  2001
•    Main Actreess in Madame Dasima as Madame Dasima Eki

Production,  2001
•    North Sea Jazz Amsterdam – Jakarta All Stars, 2001

Diskografi

•    Love (1998)
•    Magma (2002)
•    Syaharani A Whiter Shade Of Pale (2004)
•    Buat Kamu (2007)

Glen fredly

Lahir 30 September 1975 (umur 35) Asal Ambon, Maluku, Indonesia
Awal kariernya bermula saat dia menjadi vokalis “Funk Section”. Pada tahun 1995 (setahun setelah ia lulus SMA pada tahun 1994) Funk Section meluncurkan sebuah album eksklusif yang dikemas secara apik. Tiga tahun kemudian, Glenn bernyanyi solo dan meluncurkan sebuah album yang bertajuk GLENN dengan bermodalkan 8 buah lagu. Dalam album ini terdapat 3 buah lagu yang sering dinyanyikan Glenn yaitu “Kau” dan “Cukup Sudah” serta “MOBIL MAMA” yang menjadi hits di Malaysia.

Album

1.    Glenn (1998)
2.    Kembali (2000)
3.    Selamat Pagi, Dunia! (2002)
4.    Ost. Cinta Silver (2005)
5.    Aku & Wanita (2006)
6.    Terang (2006)
7.    Happy Sunday (2007)
8.    Private Collection (2008)
9.    Lovevolution (2010)

Iga mawarni

Lahir 24 Juli 1973 (umur 37)
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Sejak kecil anak sulung dari tiga bersaudara ini telah akrab dengan dunia seni. Meski lahir di Bogor, tetapi Iga menghabiskan masa kecilnya di Solo. Di kota itulah, Iga belajar menari. Tiap acara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) tingkat SD, dia menjuarai semua kategori cabang seni yang dipertandingkan. Mulai menyanyi, marching band, olahraga, menari, dan membaca puisi Jawa (geguritan).
Prestasi itu berlanjut hingga SMA. Pada Porseni tingkat SMA, dia mengikuti lomba menyanyi dan menari tingkat provinsi. Iga juara II Bintang Radio dan Televisi Tingkat Nasional (1989). Predikat itu membawanya ke dapur rekaman. Iga pun menandatangani kontrak rekaman dengan perusahaan rekaman JK Record. Bersama perusahaan ini, Iga telah mengeluarkan 2 album, album ramai-ramai dan kedua album berjudul Kasmaran. Lagu “Kasmaran” dalam album keduanya inilah yang membawanya menuju puncak ketenaran di tahun 1991.
Iga Mawarni terkenal lewat lagu Kasmaran yang populer pada era 90-an selain itu juga terkenal sebagai musisi jazz yang hingga kini terus terlibat dengan penyiapan sejumlah konser.

Chaseiro

Chaseiro adalah kelompok musik era akhir 1970-an sampai awal 1980-an. Nama Chaseiro adalah singkatan dari nama depan anggota-anggotanya antara lain, Candra Darusman (vokal, keyboard), Helmi Indrakesuma (vokal), Aswin Sastrowardoyo (vokal, gitar), Edwin Hudioro(flute), Irwan B. Indrakesuma (vokal), Rizali Indrakesuma (vokal, bass), Omen Norman Sonisontani (vokal). Chaseiro mulai dikenal dari kompetisi vokal grup Radio Amigos tahun 1978.

Album

1.    Pemuda (1979)
2.    Bila (1979)
3.    Vol. 3 (1981)
4.    Ceria (1982)
5.    Persembahan (2001)

Simak dialog

simakdialog –kini terdiri atas riza (piano akustik, rhodes, soundscape), tohpati (gitar elektrik dan akustik, soundscape), aditya pratama (bas), endang ramdan (kendang sunda), erlan suwardana (kendang sunda, toys), cucu kurnia (toys), dan dave lumenta (synthesizer, soundscapes) –adalah kelompok yang “sangat laboratorium”. maksudnya: mereka banyak berdiskusi, melakukan brainstorming dan percobaan.
riza, yang pernah berguru kepada indra lesmana, memulai cikal-bakal simakdialog pada 1990. “mula-mula iseng, karena saya ingin tetap main jazz. kebetulan ada acara di tvri,” katanya, mengenang masa ketika banyak teman main band-nya yang meninggalkan jazz. waktu itu, dengan memakai nama dialogue, dia antara lain didukung oleh budjana, yang kini merupakan pendiri dan gitaris gigi.

Tohpati

Tohpati Ario Hutomo (lahir di Jakarta, 25 Juli 1971; umur 39 tahun) adalah seorang gitaris dan penulis lagu Indonesia.
Tohpati merupakan salah satu gitaris jazz yang terkenal. Hal tersebut dikarenakan seringnya ia tampil di TV bersama penyanyi-penyanyi pop seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Rossa, Chrisye, dan lain-lain. Banyak karya-karyanya memadukan elemen kebudayaan tradisional sejalan dengan usahanya untuk memadukan unsur modern dan unsur tradisional Indonesia dalam musik-musiknya. Aliran musik jazz-nya dipengaruhi oleh banyak gitaris jazz dunia, tapi yang paling besar dalah pengaruh dari gaya permainan Pat Metheny.

Tahun 1998, Tohpati merilis album solo perdananya. Dalam album ini ia menampilkan beberapa penyanyi seperti Shakila dan Glenn Fredly yang beberapa waktu sebelumnya baru mulai meroket namanya bersama grup “Funk Section”. Untuk mempopulerkan albumnya, Tohpati merilis video clip lagu berjudul Lukisan Pagi yang dibawakan bersama Shakila. Lagu tersebut sangat populer dan menjadi jawara di beberapa tangga lagu di tanah air.
Album keduanya, Serampang Samba, lebih banyak menyajikan hits-hits instrumental. Berbeda dengan album sebelumnya, kali ini Tohpati hanya merilis video clip lagu Jejak Langkah Yang Kau Tinggal yang dibawakan bersama Glenn Fredly. Serampang Samba juga memuat lebih banyak musik-musik tradisional Indonesia dengan saratnya permainan gitar akustik dan elemen-elemen musik Bali. Bisa dibilang album ini lebih idealis dari album sebelumnya.

Andien

Andien yang bernama lengkap Andini Aisyah Hariadi (lahir di Jakarta, 25 Agustus 1985; umur 25 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia yang beraliran musik Jazz.
Andien belajar bernyanyi sejak berusia tiga tahun. Saat duduk di bangku kelas 3 SD, Andien mulai mengikuti berbagai festival di lingkup tempat tinggalnya, Cilandak, Jakarta Selatan. Menginjak kelas 6, oleh Ibunya, Andien dimasukan ke EMS (Elfa Music Studio), di bawah asuhan Elfa Secioria.
Andien telah merintis album perdananya pada februari 2000 yang berjudul “Bisikan Hati”, album ini diperkirakan terjual sekitar 30.000 keping. Ayah Andien bernama Didiek Hariadi dan ibunya bernama Henny Sri Hardini. Andien adalah anak sulung dari 3 bersaudara.
Sekarang bersama dengan Rieka Roeslan, Nina Tamam, Iga Mawarni, dan Yuni Shara membentuk kelompok vokal beranggotakan lima orang dengan nama 5 Wanita.
•    Bisikan Hati (2000)
•    Kinanti (2002)
•    Gemintang (2005)
•    Kirana (2010)

Tompi

Teuku Adi Fitrian alias Tompi (lahir di Lhokseumawe, Aceh, 22 September 1978; umur 32 tahun) adalah penyanyi jazz dan pembawa acara Indonesia. Ia dikenal melalui album Bali Lounge dan juga solo album-nya.
Lahir dan besar di Lhokseumawe Aceh, karakter vokalnya dipengaruhi oleh nyanyian tradisional Aceh dan mengaji Al Quran. Selain menyanyi, dia adalah seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan telah meraih gelar spesialis bedah plastik juga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada tahun 2010. Ia merilis albumnya bersama penyanyi Alda Rizma Elfariani.

Diskografi

•    Cherokee (2004)
•    Bali Lounge (2004)
•    T (2005)
•    Soulful Ramadhan (2006)
•    Playful (2007)
•    My Happy Life (2008)




No comments:

Post a Comment

Post a Comment