Tuesday, May 3, 2011

"Pahlawan Asia" Versi Majalah Time


IWAN FALS 





Jakarta, sumber : Disctarra.Com


SEBUAH majalah mingguan berita terbitan Amerika Serikat, Time memilih beberapa tokoh atau publik figur di beberapa negara di Asia untuk kategori Pahlawan Asia. Dari Indonesia yang terpilih masuk kategori tersebut adalah penyanyi balada Iwan Fals, dan novelis Pramoedya Ananta Toer. Iwan terpilih di antara 25 orang Asia seperti penyanyi A-Mei (Taiwan), bintang film Jackie Chan (Hong Kong), pemimpin demokrasi Aung San Suu Kyi (Myanmar), presiden terpilih Xanana Gusmao (Timor Timur).

Dalam majalah Time edisi yang terbaru dengan cover yang menampilkan A-Mei menuturkan kehidupan serta karya 25 tokoh Asia yang dinilai sangat berpengaruh besar terhadap kalangan masyarakat di negara-negara mereka.
Pemilihan terhadap 25 orang paling berpengaruh di Asia ini juga dibenarkan oleh redaktur majalah Time untuk Asia, Karl Taro. "Walaupun mereka terkenal, mereka juga warga biasa yang hanya menjalankan tugas mereka. Melakukan tugas mereka secara luar biasa selalu tampil pada saat dibutuhkan," kata Taro.

Terpilihnya Iwan sendiri dibenarkan oleh pihak manajemen Iwan yaitu Titin yang mengaku mendapat surat pemberitahuan dari majalah Time. Isi pemberitahuan tersebut menyatakan bahwa Iwan akan dibahas khusus dalam Time edisi terbaru. Majalah Time telah melakukan wawancara dengan Iwan di Surabaya dan beberapa kota di sela-sela tur Iwan Fals di beberapa kota di Indonesia.

Selain nama-nama yang disebutkan tadi, masih ada nama lainnya seperti aktivis Sompop Jantraka (Thailand) yang dinilai telah banyak berjuang untuk menyelamatkan para gadis desa dari jurang perbudakan seks, pemimpin Hamid Karzai (Afganistan) dan mantan perdana menteri Zhao Ziyang (Cina).

Penilaian Time pun tidak hanya pada tokoh yang sifatnya manusiawi, sebab mereka juga memilih tokoh kartun Doraemon sebagai salah satu tokoh yang masuk dalam kategori tersebut. Walaupun hanya tokoh imajinasi, namun dinilai telah memberikan inspirasi dan membuat gembira jutaan anak-anak di beberapa negara di Asia termasuk Indonesia.
Untuk warga Jepang sendiri, ada beberapa tokoh dan publik figur yang terpilih yakni Ichiro Suzuki (pemain baseball), Hidetoshi Nakata (pemain sepakbola) dan Makoto Oda (penulis).
Sedangkan Cina, ada beberapa tokoh yang terpilih seperti Gao Yaojie (wanita tua berusia 75 tahun yang melontarkan peringatan tentang penyebaran penyakit AIDS), dan Wang Zhihzhi (pemain bola basket yang menjadi kebanggaan nasional karena mampu bergabung dalam liga NBA).

Nama-nama lainnya adalah seorang remaja bernama Karmapa Lama yang melarikan diri ke India yang dinilai sebagai simbol harapan dalam perjuangan melawan penindasan di Tibet, dan Wong How Man sebagai tokoh pecinta lingkungan.
Tak ketinggalan, di India pun muncul nama-nama seperti pemain kriket terkenal, Sachin Tendulkar; pimpinan perusahaan farmasi Cipla, Yusuf K.Hamied ; bintang film Shabana Azmi, dan pemimpin Muslim Kashmir, Omar Farooq.
Untuk Korea Selatan, nama Seol Ik-Soo terpilih sebgai pahlawan Asia karena dinilai telah menyelamatkan banyak nyawa dalam kecelakaan pesawat Air China di Busan, Korea Selatan




No comments:

Post a Comment