Thursday, May 19, 2011

SHE:band perempuan Indonesia berprestasi

SHE (Sound and Harmony Eclectic) adalah sebuah grup musik asal Indonesiayang dibentuk dan berdomisli di Bandung. Grup musik ini dibentuk pada tanggal22 Februari tahun 2000. Pembentukan anggota band yang kesemua personilnya adalah kaum hawa, tujuh orang "Mojang Priangan", dimulai dari ide mantan manajer SHE, Dino Naturandang. Mereka yang tadinya tidak saling kenal satu sama lain, dikumpulkan oleh Dino, yang ingin membentuk band dengan berawakkan perempuan semua, dalam sebuah pertemuan di studio musik diBandung. Grup band ini sendiri masing-masing personilnya mempunyai latar belakang musik yang berbeda-beda, namun berkeinginan yang sama untuk mengemas semua perbedaan tersebut dalam sebuah harmonisasi musik atau suatu keselarasan alunan nada yang indah di blantika musik tanah air. Kalimat sebelumnya juga merupakan makna terjemahan bebas dari kepanjangan tiga huruf, SHE (Sound and Harmony Eclectic), yang mewakili nama grup band asalBandung ini.
Album pertamanya berjudul "Tentang Aku, Kamu, dan Dia" yang diliris meramaikan blantika musik Indonesia pada bulan Januari tahun 2005. Album perdana mereka ini bertemakan cinta segitiga, yang dituangkan dalam single andalannya dengan judul yang sama, "Tentang Aku, Kamu, dan Dia". Dalam album rekaman SHE yang kedua, mereka juga mengusung lagu cinta dan perselingkuhan tetapi dalam lirik yang terkesan lebih jenaka. Dengan lagu utamanya adalah "Slow Down Baby", yang menggambarkan mengenai perilaku dari pria kebanyakan dewasa ini yang sukanya akan segala sesuatu yang berbau instan, serba cepat, padahal baru saja berkenalan. Hal ini terkandung di dalam penggalan lirik lagu tersebut, "Slow down baby, just let it flow (=Sabar sayang, biarkan segala sesuatunya mengalir dengan normal apa adanya)". Lagu "Slow Down Baby" ini dimuat di dalam album kedua mereka yang berjudul "Tersenyum Lagi", diluncurkan ke pasaran bursa musik tanah air pada tanggal 4 Mei tahun2007.
Di album keduanya ini selain terkesan jenaka, ada juga yang berlirik nakal, seperti "Selingkuh Sekali Saja" yang menggambarkan tentang seorang wanita yang meminta izin kepada kekasihnya untuk berselingkuh sekali saja demi memuaskan rasa penasarannya pada sosok pria lain yang telah menggoda hatinya. Sedangkan dalam lagu "Mana Tahan", mereka bertutur mengenai betapa sangat malunya seseorang yang sudah menjadi korban perselingkuhan dari pasangannya.
Pada bulan Agustus tahun 2000Roxanna Rufolda, yang biasa disapa denganRiry mulai bergabung dengan memainkan gitar akustik pada SHE.
Jesica Lindross, yang biasa dipanggil dengan Kika, terpaksa meninggalkan SHE setelah menikah dan kemudian mengikuti suaminya menetap di Finlandia. PosisiKika lalu digantikan oleh Qotrunnada Fitriana, yang biasa disapa dengan Qoqo.
Qoqo merupakan personil yang paling bungsu, bukan hanya dari segi usianya yang termuda, namun ia juga merupakan anggota yang paling akhir bergabung, tahun 2005. Selain itu pula Qoqo merupakan personil yang mampu memberikan nuansa rock pada grup musik ini, sehingga album kedua SHE terasa lebih beraliran rock dibandingkan dengan album perdananya, hal ini dikarenakan Qoqolebih garang bermain gitarnya apabila dibanding dengan Kika.
Arina Epiphania Simangunson yang adalah vokalis grup musik Mocca, merupakan mantan vokalis SHESHE dan memberikan sebuah lagu karyanya di album ini. yang pernah memperkuat di tahun-tahun awal berdirinya grup band ini. Ia juga berpartisipasi dalam album kedua
Selain itu, penggarapan album kedua mereka ini juga didukung oleh sejumlah musisi kondang, di antaranya Ari AruBaronIndro HarjodikoroUchi NurulRay Jeffrin dan Rio Febrian.

No comments:

Post a Comment